Kiat Menghadapi 'Hantu' PHK

1 Comment

Data di Depnaker, mulai 1 Januari 2009 sampai dengan 30 Januari 2009 tercatat 31.660 orang telah di PHK dan terdapat 24.817 lagi berencana di PHK.

Bila anda merasa perusahaan anda sudah tidak sehat, perusahaan kehilangan kemampuan atau tidak lagi mempunyai kapasitas untuk memperkerjakan anda, menunjukkan tanda-tanda bakal terjadi efisiensi atau pengurangan karyawan atau anda karena sesuatu hal harus kehilangan pekerjaan (PHK), jangan panik, putus asa,apalagi sampai gantung diri.

Penghasilan Anda memang terhenti sementara waktu, namun begitu Anda mendapatkan penghasilan baik dengan mendapatkan pekerjaan kembali, membuka usaha atau yang lainnya maka ada pemasukan yang bisa digunakan untuk membayar biaya hidup Anda kembali .


- Untuk membayar biaya hidup selama belum mendapatkan penghasilan kembali persiapkanlah sejumlah Dana Cadangan sebesar 6 s/d 12 kali pengeluaran keluarga perbulan. Besarnya Dana Cadangan bervariatif namun bisa Anda tetapkan sesuai dengan optimisme anda mengenai kapan bisa mendapatkan penghasilan kembali.

Jika saat ini Anda sudah memiliki simpanan tunai sebesar jumlah tersebut, maka pisahkan tersendiri terpisah dari rekening investasi yang lain. Hal ini dilakukan untuk mencegah agar uang Anda tidak cepat habis, dan juga tidak mengganggu investasi lainnya.
Selanjutnya setelah PHK Anda tentunya harus berusaha mendapatkan penghasilan kembali.


- Kuasai satu atau beberapa keahlian. Anda bisa mendapatkan keahlian itu sesuai dengan posisi anda di perusahaan sebelumnya, yang berarti anda harus benar-benar menguasai pekerjaan anda tersebut sehingga bisa dijadikan modal bila anda melamar di perusahaan sejenis. Atau dengan cara belajar baik secara otodidak maupun mengikuti kursus-kursus baru.

- Aktif mencari informasi lowongan kerja atau peluang usaha yang sekiranya cocok dengan anda.

- Mencari koneksi dan teman yang seluas-luasnya, karena biasanya semakin banyak koneksi dan teman maka akan semakin memudahkan anda mendapatkan pekerjaan baru atau membuka usaha sendiri.

- Hindari pola hidup konsumtif dan hutang yang tidak produktif/hutang jelek.

Bagaimana Anda bisa mendapatkan penghasilan kembali berikut ini adalah beberapa caranya:

1. Bekerja kembali di perusahaan lain, Anda akan kembali mendapatkan penghasilan berupa gaji
2. Membuka usaha, Anda akan mendapatkan penghasilan berupa pendapatan usaha.
3. Berinvestasi, Anda akan mendapatkan penghasilan berupa return hasil investasi


Jangan lupa, jika Anda mendapatkan Uang Pesangon, gunakanlah sebaik-baiknya jangan dihambur-hamburkan.
Prioritaskanlah untuk membayar kewajiban atau hutang yang berjalan kemudian membentuk Dana Cadangan, dan modal usaha.



Share

Komentar :

ada 1
Anonymous said...
pada hari 

kalau saja prakteknya sesederhana itu

Post a Comment